Tuesday, March 11, 2008

profil teater dongkrak

Kelompok Seni Teater Dongkrak didirikan pada tanggal 10 Nopember 1990 di Tasikmalaya dan sebagai pengagas tiadak lain Drs. Aten Warus serta pendiri teater dongkrak diantaranya Nur Achmad Rus SIp, Drs. Nko, A. Ageung.. S Noor dan banyak lagi.. Tujuan utama didirikannya kelompok ini adalah untuk mendongkrak kembali potensi seni di tatar Tasikmalaya khususnya Nasional pada umunya. Wujud nyata kelompok ini dalam merealisasikan tujuannya adalah terus berusaha agar dapat hadir di tengah – tengah masyarakat dengan berbagai kegiatan – kegiatan bidang seni antara lain :

- Seni Teater/drama

- Seni Sastra

- Seni Rupa

- Seni Musik

- Seni Tari

- Seni Kriya

Kelompok Seni Teater Dongkrak merupakan kelompok kesenian masyarakat yang bersifat universal dan multi dimensional mencakup semua aspek kehidupan dan terbuka bagi semua lapisan dan golongan masyarakat. Kelompok Seni Teater Dongkrak tidak bersifat Rasis, siapapun bisa ikut bergabung di dalamnya. Kelompok Seni Teater Dongkrak juga merupakan wadah interaksi dan komunikasi bagi sesama anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya. Disamping itu Dongkrak juga merupakan wadah pembinaan dan pengembangan bakat kreatifitas anggota serta masyarakat.

Kelompok Seni Teater Dongkrak mempunyai peran dan andil yang tidak kecil dalam mempersiapkan dan membangun wacana Budaya kesenian secara lokal, regional dan Nasional yang selama ini tentunya menjadi kebanggaan bagi Kota maupun Kabupaten Tasikmalaya dan merupakan catatan tersendiri dalam sejarah kesenian di Tasikmalaya.

Saat ini Kelompok Seni Teater Dongkrak Tasikmalaya telah berupaya Eksis serta mampu berkiprah dalam dua wilayah administratif pemerintahan. Dan yang lebih menggembirakan Kelompok Seni Teater Dongkrak telah mampu menembus lingkungan akademisi, mulai dari SMP, SMA serta Perguruan tinggi. Guna menyelaraskan visi misi kelompok maka Teater Dongkrak Tasikmalaya terus berupaya memaksimalkan perannya dalam turut serta membangun masyarakat melalui program-program pemberdayaan kesenian yang lebih terencana.

adapun sekolah-sekolah yang dibina oleh teater Dongkrak diantaranya Teater Sukma (SMA Negeri 7), Teater Peri (SMK Periwatas), Teater Jasad (SMA Pasundan 1), Teater Diartanita (SMK Artanita).............

No comments: